Skip to content

Classic Cipher Game

Cover image

Game berbasis mobile untuk pembelajaran pengantar persandian.

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang siber dan sandi. Pengantar Persandian merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilalui oleh Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara pada semester pertama yang memuat materi-materi dasar persandian. Berdasarkan rata-rata nilai Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester Taruna Poltek SSN pada mata kuliah Pengantar Persandian lima tahun terakhir, 25% dari keseluruhan Taruna mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Gamifikasi merupakan serangkaian kegiatan dan proses untuk memecahkan masalah dengan menggunakan atau menerapkan karakteristik elemen game. Dengan menerapkan gamifikasi pada pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Persandian, dapat membantu Taruna Poltek SSN dalam memahami materi pada Mata Kuliah Pengantar Persandian. Untuk menilai tingkat pemahaman dan pengetahuan Taruna, Taruna akan diberikan pre-test sebelum bermain game dan post-test setelah bermain. Untuk menilai apakah aplikasi dapat digunakan sebagai alat bantu ajar, akan menggunakan penilaian user acceptance test yang diberikan kepada Taruna responden. Hasil pre-test dan post-test akan dianalisis dengan menggunakan Uji-t berpasangan. Penelitian menyimpulkan bahwa Aplikasi Classic Cipher Game berbasis mobile telah terbukti efektif sebagai alat bantu ajar dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan taruna mengenai Mata Kuliah Pengantar Persandian di Poltek SSN.

Judul penelitian

Classic Cipher Game Berbasis Mobile Application sebagai Alat Bantu Ajar Mata Kuliah Pengantar Persandian Taruna Poltek SSN.

Implementasi

Aplikasi classic cipher game berbasis mobile application sebagai alat bantu ajar Mata Kuliah Pengantar Persandian ini bernama Cryptii. Materi-materi yang diajarkan pada Mata Kuliah Pengantar Persandian akan dikemas dalam permainan berbentuk kuis dengan menerapkan elemen game dengan tujuan meningkatkan motivasi serta mempermudah Taruna Poltek SSN untuk mempelajari materi yang terdapat pada mata kuliah Pengantar Persandian. Aplikasi akan dibangun dengan pendekatan Mobile Application Development Lifecycle (MADLC) dan akan dirancang dalam dua tahapan prototipe. Prototipe I aplikasi memiliki fitur berupa login dan registrasi akun, simulasi/demo materi algoritma kriptografi klasik berdasarkan Rancangan Pembelajaran Semester Mata Kuliah Pengantar Persandian, game berupa kuis untuk mengasah pengetahuan yang telah didapatkan dari simulasi tersebut, serta hasil akhir skor dari game kuis saat pengguna selesai mengerjakan seluruh soal pada sebuah level di kuis tersebut.

Use case

Gambar di atas merupakan rancangan menggunakan use case diagram yang mendefinisikan fitur yang dapat diakses oleh pengguna aplikasi. User Acceptance Test (UAT) dilakukan pada sepuluh responden. Berdasarkan hasil dari responden dan perhitungan yang dilakukan tingkat penerimaan aplikasi mencapai 86,63%.

Tangkapan Layar

  1. Tampilan halaman registrasi, dashboard dan leaderboard
    Halaman registrasi

  2. Tampilan halaman demo
    Halaman demo

  3. Tampilan halaman kuis
    Halaman kuis

Peneliti

  • Hedian Alif Hedfannaja

Supervisor

  • I Komang Setia Buana
  • Hermawan Setiawan
  • Ray Novita Yasa