KLiKS Customer Relationship Management
KLiKS CRM merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk registrasi acara seminar yang diselenggarakan oleh Subdirektorat Proteksi Keamanan Informasi Publik (PKIP) Direktorat Proteksi Ekonomi Digital, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Subdirektorat Proteksi Keamanan Informasi Publik (PKIP)pada Direktorat Poteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara bertanggung jawab kepada tata kelola keamanan informasi publik, budaya keamanan informasi publik dan edukasi keamanan siber pada masyarakat untuk membangun budaya keamanan informasi. PKIP memiliki program kerja unggulan yaitu Kampanye Literasi Keamanan Siber (KLiKS). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan promosi, edukasi, dan literasi tentang keamanan siber kepada masyarakat. Seminar KLiKS dihadiri oleh banyak peserta dimana pendaftaran dilakukan secara online menggunakan aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, data juga tersimpan di aplikasi pihak ketiga. Pendaftaran ulang dilakukan secara manual dan memakan waktu yang lama mengingat jumlah peserta yang banyak. Pada penelitian ini, dibangun aplikasi Customer Relationship Management sebagai sarana registrasi peserta dengan metode prototyping. Aplikasi akan menyimpan data peserta dan membangkitkan kode QR untuk proses pendaftaran ulang di lokasi seminar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi registrasi tidak bergantung dengan pihak ketiga non pemerintah yaitu Google Form. Aplikasi juga akan mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran ulang seminar KLiKS.
Judul penelitian
Rancang Bangun Aplikasi Customer Relationship Management sebagai Sarana Registrasi Peserta Seminar KLiKS
Implementasi
Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah aplikasi yang dibangun berdasarkan kebutuhan organisasi. Organisasi yang dimaksud adalah Subdirektorat Proteksi Keamanan Informasi Publik, Direktorat Proteksi Ekonomi Digital (PKIP). Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi pendaftaran kegiatan Seminar KLiKS berbasis web. Berdasarkan hasil wawancara dengan staf PKIP, aplikasi ini dibangun untuk mempercepat proses bisnis registrasi dan juga agar tidak bergantung dengan pihak ketiga nonpemerintah. Selain itu, diperlukan adanya penambahan kode QR yang dikirimkan kepada peserta sebagai bukti pendaftaran. Kode QR ini berisikan nilai hash dari data peserta yang kemudian digunakan ketika proses daftar ulang. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dibangun aplikasi pendaftaran Seminar online yang tidak bergantung pada Google Form dengan penambahan kode QR untuk mempercepat prosesi pendaftaran ulang yang sebelumnya dilakukan secara manual.
Aplikasi yang dibangun memiliki alur peserta mendaftar melalui aplikasi CRM KliKS dengan memasukkan data diri lalu aplikasi akan membangkitkan kode QR yang digunakan untuk pendaftaran ulang. Peserta kemudian mengisi kuisioner. Data peserta dan data kuisoner tersimpan pada database aplikasi. Peserta menggunakan kode QR yang didapat dari proses pendaftaran untuk dipindai oleh petugas pada saat registrasi ulang. Berikut adalah alur pendaftaran menggunakan aplikasi KLiKS CRM.
Hasil rancangan berupa use case diagram dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Dari use case diagram kemudian diturunkan menjadi beberapa sequence diagram. Salah satunya adalah sequence diagram untuk use case registrasi ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Implementasi kode QR pada aplikasi digunakan pada bagian registrasi yaitu sebagai bukti registrasi yang valid. Kode QR dibangkitkan dari data peserta ditambahkan ID yang dibangkitkan oleh aplikasi, kemudian dienkripsi menggunakan AES 256. Kode QR yang dibangkitkan oleh aplikasi ini dapat terbaca pada aplikasi pemindai gawai KLiKS serta nilai kode QR dan timestamp tercatat pada database dan dapat dilihat melalui aplikasi event management KLiKS.
Pengujian yang dilakukan antara lain Unit Testing, Integration Testing, Security Testing dan User Acceptance Testing. Pengujian keamanan menggunakan OWASP ZAP mendapatkan 7 alert namun bukan bertipe vulnerable. Berdasarkan pengujian UAT dihasilkan nilai 98.14%, yang menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat penerimaan responden terhadap aplikasi dengan status "Sangat Setuju".
Tangkapan Layar
-
Tampilan halaman kuisioner
-
Tampilan halaman respon kuisioner
-
Tampilan grafik
-
Tampilan halaman data peserta
Peneliti
- Muhammad Jalaluddin Arija
Supervisor
- Nurul Qomariasih
- Ray Novita Yasa
- Hermawan Setiawan